Pengunjung hari ini : 111
Total pengunjung : 157614
Hits hari ini : 1076
Total Hits : 1251686
Pengunjung Online: 5

1251686



Memahami kode BARCODE




Barcode atau kode Bar atau juga disebut kode baris batang adalah suatu kode yang berbentuk sekumpulan garis berbentuk batang (bar) yang memiliki ketebalan yang berbeda dari setiap garisnya yang mewakili suatu kode tertentu. Setiap garis melambangkan angka atau huruf yang telah diatur sedemikian rupa, yang dapat dibaca menggunakan sebuah alat (barcode reader atau barcode scanner). Kode baris digambarkan dalam bentuk bar dan spasi berwarna hitam atau warna kontras lainnya tebal dan tipis yang disusun berderet secara horisontal. Untuk membantu pembacaan manual biasanya dicantumkan juga angka-angka atau huruf di bawah kode baris tersebut.

Kode Barcode terdiri dari 2 jenis yaitu:  Linear Code (Barcode 1 Dimensi) dan Matrix Code ( Barcode 2 Dimensi). Barcode 1 Demensi bisa kita lihat di produk-produk yang biasa kita gunakan customer good di toko kelontong,swalayan,supermarket dan swalayan.Manfaat dari penggunaan Barcode yaitu dapat meningkatkan kecepatan dalam melayanai pelanggan dan meningkatkan akurasi data produk yang di input oleh kasir karena menggantikan input keyboard oleh kasir atau user yang diinput secara manual. Kode barcode juga diaplikasikan sebagai identifikasi penumpang di bandara, rumah sakit maupun pergudangan.

  Barcode 1 Demensi (Linier barcode) terdiri dari :

  • Code 39 (code 3 of 9),adalah sebuah barcode alphanumeric (Full ASCII) yang memiliki panjang baris yang bervariasi. Implementasi barcode jenis ini adalah untuk inventory, asset tracking dan tanda pengenal identitas.
 
  • Code 128 adalah suatu barcode aplphanumeric (Full ASCII) yang memiliki kerapatan (density) sangat tinggi dan dengan panjang baris yang bervariasi. Penggunaan barcode jenis ini ideal pada sistem shiping and warehouse management (pengaturan maskapai pelayaran dan pengelolaan gudang).
 
  • Interleaved 2 of 5, yaitu sebuah barcode berbentuk numerik dan memiliki panjang baris yang bervariasi. Barcode jenis ini digunakan untuk industri dan laboratorium.
 
UPC (Universal Prouct Code), adalah sebuah barcode numeric dan memiliki panjang baris yang tetap (fixed). UPC banyak digunakan untuk pelabelan pada produk-produk berukuran kecil/ritel
 
 

Barcode 2 Demensi

Barcode 2 Demensi, lebih canggih dibanding Linear Code karena bisa memuat ratusan digit karakter dan tampilannya pun berbeda dengan Linear Code). Pada Barcode 2 Demensi, informasi/data yang  besar dapat disimpan dalam ruang (space) yang kecil. Contoh Barcode 2 Demensi yaitu PDF417 yang dapat menyimpan lebih dari 2000 karakter dalam sebuah space 4″.
 
 

Saat barcode 2 Demensi banyak digunakan diperusahaan manufaktur dalam sekala besar. Penggunaan Barcode 2 Demensi lebih efisien karena ukuran label barcode lebih kecil dibanding Barcode Linier namun daya simpannya lebih banyak. Namun harga scanner barcode (barcode reader) 2 Demensi masih terbilang lebih mahal untuk saat ini.

klikbarcode.com adalah mitra yang tepat bagi Anda untuk kebutuhan perlengkapan barcode system Anda dalam berbisnis maupun usaha dibidang lainnya.Perlengakapan yang biasa dibutuhkan seperti Scanner Barcode,Printer Barcode,label barcode,carbon ribbon,perlengkapan POS,cash drawer,mini printer/printer kasir,sofware toko,software cetak barcode,printer kartu/ID Card maupun kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan pengkodean Barang.Adapun merk-merk yang kita supply adalah : SATO,Datalogic,ARGOX,Nisca,Fujicopian,EPSON,Symbol,Metrologic,Posiflex,CASIO,Denso,Star,dan merk lainnya.

Silakan hubungi marketing/staff penjualan kami untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang produk-produk yang sesuai untuk Anda dan Harga terbaik untuk Anda.
 

Call / SMS              : 08562660033
Pin BB                     : 21 E 0646 B

WhatsApp Ready  : 08971837033
 
http://www.klikbarcode.com